Beranda | Artikel
Bahaya Cinta Dunia dan Ciri-Ciri Orang yang Terkena Penyakit Al-Wahn - Khutbah Jumat (Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.)
Jumat, 21 November 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Musri Semjan Putra

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.

[sc:konten-alamat-masjid-al-barkah]

Ringkasan Khutbah Jumat: Bahaya Cinta Dunia dan Ciri-Ciri Orang yang Terkena Penyakit Al-Wahn

Setiap manusia memiliki ambisi dan cita-cita dalam hidupnya. Mungkin di antara kita seringkali berfikir untuk menambah kekayaan kita, berfikir apa yang akan kita makan untuk esok hari, berfikir untuk masa depan anak-anak, berfikir untuk mendapatkan jabatan, berfikir untuk masa depan yang sejatinya singkat, yaitu kehidupan di dunia.

Namun, sering kita lalai dari memikirkan dan bercita-cita untuk hari yang lebih jauh, hari-hari di kehidupan yang kekal, yaitu kehidupan di akhirat. Setiap muslim hendaknya memikirkan bagaimana kondisi imannya saat ini? Apa yang telah ia siapkan untuk menghadapi hari akhirat nanti?

Salah satu hal yang sangat membahayakan keimanan seorang muslim adalah cinta dunia. Karena cinta dunia, maka seorang petani membanting tulang mati-matian untuk urusan pertaniannya, seorang pedagang rela berhutang di Bank demi kelancaran usahanya. Apakah mereka sudah melakukan hal yang sama untuk urusan agamanya? Jika tidak, maka ada indikasi penyakit Al-Wahn (cinta dunia) di dalam dirinya. Bahaya cinta dunia sangatlah besar, sampai-sampai hal tersebut bisa menyebabkan seseorang kafir dan menjual agamanya. Na’udzubillahi min dzalik.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

بَادِرُوا بِالأَعْمَالِ فِتَنًا كَقِطَعِ اللَّيْلِ الْمُظْلِمِ يُصْبِحُ الرَّجُلُ مُؤْمِنًا وَيُمْسِى كَافِرًا أَوْ يُمْسِى مُؤْمِنًا وَيُصْبِحُ كَافِرًا يَبِيعُ دِينَهُ بِعَرَضٍ مِنَ الدُّنْيَا

“Bersegeralah beramal shalih, sebelum datang fitnah-fitnah yang banyak. Seseorang di waktu pagi masih beriman, namun di sore hari ia kafir. Atau seseorang di sore hari ia beriman, dan di pagi hari ia kafir. Dia menjual agamanya dengan secuil kesenangan dunia.” (HR Muslim)

Demikianlah kondisi orang-orang di zaman sekarang, banyak dalil-dalil yang menjelaskan tentang bahayanya cinta dunia. Semoga Allah menyelamatkan kita dari penyakit Al-Wahn atau cinta dunia tersebut.

Apa saja ciri-ciri orang yang terkena penyakit Al-Wahn?

Silakan simak rekaman khutbah Jumat selangkapnya dan download khutbah Jumat yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. ini.

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. – Bahaya Cinta Dunia dan Ciri-Ciri Orang yang Terkena Penyakit Al-Wahn

Mari raih kebaikan dengan membagikan link download khutbah Jumat ini kepada saudara-saudara kita, baik file hasil downloadnya maupun melalui akun Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Semoga bermanfaat, jazakumullah khairan.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/9670-bahaya-cinta-dunia-dan-ciri-ciri-orang-yang-terkena-penyakit-al-wahn-khutbah-jumat-ustadz-dr-ali-musri-semjan-putra-ma